Strategi Jitu dan Contoh Promosi Produk

Strategi Jitu dan Contoh Promosi Produk

Strategi Jitu dan Contoh Promosi Produk

Dalam dunia marketing, melakukan strategi promosi adalah hal wajib yang wajib dipersiapkan. Tanpa promosi atau salah dalam menentukan promosi, produk yang Anda jual tidak akan laku bahkan Anda bisa merugi. Karena itu, ada baiknya jika Anda lakukan strategi dan contoh promosi produk yang tepat seperti berikut.

Strategi Jitu dan Contoh Promosi Produk
Strategi Jitu dan Contoh Promosi Produk
  • Gratis Ongkir

Promo yang paling dinanti adalah gratis ongkir. Biasanya orang cocok dengan harga barang namun tidak dengan membayar ongkos kirim. Bahkan, jika dibandingkan, harga barang Rp 150.000 free ongkir akan lebih menarik jika dibandingkan barang Rp 120.000 + ongkir Rp 30.000.

Karena hal tersebut, untuk memaksimalkan promosi ini, Anda harus menggunakan kata-kata yang tepat seperti berikut.

  1. Cuma 3 hari lho. Belanja minimal Rp 100.000 dapat free ongkir ke seluruh Indonesia!
  2. Ada yang istimewa nih. Free ongkir dan bonus tambahan khusus untuk kamu yang transfer sebelum jam 4 sore. Buruan yuk, borong dan dapatkan bonusnya!
  3. Kamu tahu nggak, pembelian 2 couple tee hari ini bakalan dapat gratis ongkir. Komen MAU dulu ya.
  • Buy 1 Get 1

Ada orang yang keberatan untuk membeli 1 produk dengan harga yang murah dibandingkan membeli beberapa produk sekaligus dengan harga yang hampir sama. Misalnya, 1 baju seharga Rp 70.000 dibandingkan 2 baju seharga Rp 135.000. Harga tersebut tentu akan berpengaruh pada minat beli dari konsumen.

Jika strategi ini dilakukan dengan benar, misalnya ditempatkan di medsos, maka akan membantu promosi Anda. Ini sesuai dengan fungsi media sosial yaitu menyebarkan informasi. Semakin menarik materi iklan maka akan semakin cepat menyebar dan promosi bisa berjalan dengan lebih baik. 

  • Cashback

Penawaran cashback ini lebih pas jika Anda menggunakannya untuk pelanggan setia. Contoh promosi produk yang bisa Anda gunakan adalah cashback 10% untuk pembelian produk senilai Rp 200.000. adanya cashback tersebut akan membuat konsumen mempertimabnkan akan membeli lagi.

Bahkan, jika Anda rutin memberikan cashback, bukan hal yang tidak mungkin jika Anda akan mendapatkan konsumen baru. Namun, lakukan cashback di waktu tertentu agar konsumen yang membeli di tempat Anda tidak datang hanya karena promo namun juga karena kepuasan pribadi.

  • Potongan Harga

Pemberian potongan harga tentu akan sangat menguntungkan untuk konsumen. Walaupun hanya 10%, namun, diskon tetaplah diskon. Konsumen akan mempertimbangkan potongan harga tersebut apalagi jika dilakukan di tanggal tua.

  • Flash Sale

Strategi promosi  ini sudah banyak dilakukan. Waktu yang terbatas dengan harga produk yang murah tentu akan membuat konsumen memikirkan untuk membeli produk Anda. Selain bisa meningkatkan penjualan, Anda juga akan meningkatkan brand awareness dari flash sale tersebut.

Dengan strategi dan contoh promosi produk tersebut, Anda bisa menentukan, kira-kira mana strategi yang tepat untuk produk Anda. Pertimbangkan, analisis dan aplikasikan agar penjualan bisa maksimal. Selamat mencoba.