Cara Mengecek Backlink Website dengan Google Search Console

Cara Mengecek Backlink Website dengan Google Search Console

Cara Mengecek Backlink Website dengan Google Search Console

Untuk tahu apakah SEO yang Anda terapkan sudah berhasil atau belum, maka Anda perlu mengecek performa website. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Google Search Console. Cara mengecek backlink website dengan Google Search Console ini bisa jadi pilihan terutama jika Anda mencari yang gratis.

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console itu sendiri merupakan tools dari Google yang bisa digunakan oleh pemilik website untuk mengecek performa website secara organic. Organic dalam hal ini adalah tidak menggunakan ads ataupun yang lainnya. Jadi, yang Anda dapatkan adalah murni dari performa asli website Anda.

Di dalam Google Search Console terdapat beberapa fitur dan salah satunya adalah pengecekan backlink. Adanya fitur ini tentu akan membantu Anda untuk mengidentifikasi backlink manakah yang performanya bagus dan mana yang tidak.

Walaupun free, Anda bisa mendapatkan informasi yang cukup lengkap. Mulai dari halaman mana yang mendapatkan backlink terbanyak hingga anchor text yang digunakan. jadi, Anda bisa tahu, apakah anchor seperti macam-macam promosi cukup efektif untuk Anda gunakan.

Tidak hanya sebatas daftar backlinknya, namun Anda juga bisa memeriksa broken link lewat Google Search Console. Dengan mendapati broken link ini, tentu Anda bisa menyusun daftarnya dan kemudian Anda hilangkan atau disavow link. Dengan begitu, kualitas link dan optimasi SEO website Anda tetap terjaga dengan baik.

Cara Cek Backlink

Cara Mengecek Backlink Website dengan Google Search Console
Cara Mengecek Backlink Website dengan Google Search Console

Cara mengecek backlink website cukup mudah di Google Search Console. Anda hanya perlu masuk terlebih dahulu ke Google Search Console yang Anda miliki. Kemudian, lakukan cara berikut:

  • Pilih domain yang akan Anda cek.
  • Lalu scroll hingga Anda mendapatkan menu link di bagian bawah.
  • Klik ‘link’. Nantinya Anda akan mendapatkan informasi seputar internal link dan eksternal link.
  • Di bagian bawah dari eksternal link terdapat top linking site. Di bagian inilah Anda bisa melihat website yang paling banyak memberikan backlink ke Anda. Untuk jumlah backlinknya, Anda bisa cek di sampingnya.
  • Sedangkan di bagian terbawah, Anda bisa melihat top linking text. Sesuai dengan namanya, text inilah yang paling banyak digunakan untuk mengaitkan antara website Anda dengan website pemberi backlink.
  • Untuk mengecek backlink, scroll ke bagian atas tepatnya di top linked page. Klik salah satu dan nantinya akan Anda temukan informasi yang lebih lengkap mengenai backlink tersebut.
  • Di bagian bawah terdapat top sites linking to this page yang merupakan halaman spesifik dari backlink tersebut. Anda bisa mengklik salah satu diantaranya untuk mengecek detail terkait dengan backlink di halaman tersebut.

Dengan cara mengecek backlink website tersebut, Anda bisa tahu performa backlink website Anda secara murni tanpa mengeluarkan biaya. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.