8 Macam Macam Promosi dalam Dunia Pemasaran

8 Macam Macam Promosi dalam Dunia Pemasaran

8 Macam Macam Promosi dalam Dunia Pemasaran

Dalam dunia marketing, ada berbagai macam promosi yang bisa dipergunakan. Jenis atau macam-macam promosi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya dipergunakan untuk menaikkan penjualan atau untuk branding.

Jenis Promosi

Promosi yang banyak diketahui oleh masyarakat adalah promosi melalui media sosial. Ternyata, ada jenis promosi lainnya yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk beriklan. Jenis promosi tersebut adalah:

  • Mulut ke Mulut

Jenis promosi ini adalah media promosi tertua yang pernah ada. Teknik iklan ini menggunakan percakapan dari seseorang ke orang lain terkait dengan informasi seperti diskon.

Informasi dari mulut ke mulut ini biasanya dilakukan oleh pelanggan yang berpengalaman menggunakan atau tahu produk tersebut. Kemudian, pelanggan tersebut menyampaikan ke pelanggan yang lainnya. Karena hal tersebut pengaruh promosi sangat besar dampaknya terhadap pemasaran seperti penjualan produk.

  • Pemasaran Langsung

Direct Marketing dilakukan oleh sales, CS atau marketer yang menawarkan produknya secara langsung sehingga mendapatkan tanggapan secara langsung. Pemasaran ini bisa dilakukan dengan tatap muka langsung, telepon, email  atau alat pendukung yang lainnya.

Sekilas pemasaran secara langsung hampir sama dengan pemasaran yang lain seperti pemasaran dari mulut ke mulut. Namun, dibandingkan dengan macam-macam promosi yang lain, pemasaran langsung memiliki ciri seperti berikut:

  1. Hanya ditujukan ke orang tertentu misalnya member dari toko online tertentu.
  2. Isi pesan sesuai dengan kondisi dari orang yang akan mendapatkan penawaran.
  3. Isi pesan mengikuti trend atau update terbaru.
  4. Proses yang interaktif. Misalnya ada tanggapan dari orang yang ditawari promosi.
  • Iklan (Advertising)

Promosi dan iklan itu berbeda. Promosi biasanya digunakan untuk mendorong penjualan dalam jangka pendek. Sedangkan iklan digunakan untuk mempromosikan produk dan cakupannya lebih luas. Misalnya untuk branding. Walaupun begitu, iklan termasuk sebagai salah satu jenis dari promosi.

Ada 2 jenis iklan yaitu:

  1. Price advertising yang menonjolkan harga dari produk yang diiklankan.
  2. Brand advertising biasanya digunakan untuk branding. Bisa dikatakan jenis iklan ini lebih menekankan nilai dari suatu perusahaan atau produk dibandingkan harga.
  • Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Jenis promosi ini bertujuan untuk mengangkat atau mempromosikan citra produk ataupun perusahaannya. Adanya iklan ini bertujuan agar kepercayaan masyarakat atau pangsa pasar pada produk atau brand tersebut meningkat Jadi, dalam promosi tidak boleh ada penawaran mengenai suatu barang misalnya diskon kilat.

  • Kewiraniagaan (Personal Selling)

Jenis iklan ini adalah presentasi langsung dengan 1 atau lebih calon konsumen. Contohnya adalah demo alat masak yang biasanya dilakukan oleh sales di komunitas ataupun tempat tertentu.

  • Promosi Konsumen

Tujuan dari promosi ini adalah untuk memperoleh dampak yang cepat di tempat pembelian produk. Misalnya mendapatkan cashback sebesar 10% untuk pembelian baju minimal Rp 200.000. Terlihat sepele namun jika diaplikasikan di waktu yang tepat maka akan sangat membantu penjualan produk.

8 Macam Macam Promosi dalam Dunia Pemasaran
8 Macam Macam Promosi dalam Dunia Pemasaran
  • Promosi Penjualan

Jenis promosi ini hampir sama dengan personal selling. Namun, promosi penjualan mencakup lebih banyak kegiatan. Mulai dari melakukan pameran interior, demonstrasi produk, bahkan memberikan hadiah untuk konsumen.

  • Pameran dan Eksibisi

Jenis promosi offline ini dilakukan untuk mempertemukan penjual dan pembeli dalam waktu tertentu. Dengan begitu, penjual bisa mempromosikan atau memperlihatkan contoh atau produknya secara langsung agar konsumen berniat untuk membeli.

Dengan jenis atau macam-macam promosi tersebut, sekarang Anda bisa menentukan, mana promosi yang tepat untuk dilakukan. Jangan lupa untuk menganalisis ya agar hasil promosi sesuai ekspektasi.