6 Ringkasan Novel Berbahasa Jawa, Beserta pengarangnya yang wajib kamu ketahui!

6 Ringkasan Novel Berbahasa Jawa, Beserta pengarangnya yang wajib kamu ketahui!

6 Ringkasan Novel Berbahasa Jawa, Beserta pengarangnya yang wajib kamu ketahui!

Karya sastra memiliki nilai-nilai penting yang dapat diterapkan untuk kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu novel berbahasa jawa. Memahami dan menganalisis novel ini diperlukan baik untuk kepentingan tugas maupun untuk suatu penelitian dan kepentingan yang lainnya. Sulitnya memahami novel dalam bahasa jawa, terlebih lagi untuk mahasiswa dengan jurusan Sastra Jawa, yang bukan asli berasal dari jawa akan menjadi beban tersendiri, mereka dituntut untuk memiliki ketrampilan dalam memahami suatu karya berbahasa jawa seperti novel. Untuk kamu yang sedang mencari referensi tentang sebuah karya novel jawa berikut kami menyediakan ringkasan:

  1. Para Priyayi (Umar Kayam)

Menceritakan tentang sebuah kota kecil yang gersang dan panas, kota itu bernama Wanagalih, ditengah wanagalih terdapat sebuah jalan, jalan setenan namanya. Tempat lahirnya para priyayi-priyayi (orang terpandang) salah satunya bernama Lantip, didalam novel berbahasa jawa ini dominan menceritakan tentang kisah hidup Lantip.

  1. Kadurakan Ing Kidul Dringu (Suparto Brata)

Novel yang menceritakan tentang pemuda dan keadaan di kota Probolinggo yang kisruh. Para pemuda melalukan serangan dengan menyebrang jalan Daendles hingga mengakibatkan salah satu pemuda terluka karena peluru saat melawan serangan dari Belanda. Tidak sampai disitu meninggalnya salah satu pemuda karena tertembak peluru mengakibatkan pemuda yang lainnya melakukan bunuh diri.

  1. Sang Pangeran Pati (Fitri Gunawan)

Sebuah novel yang menceritakan tentang lika-liku dunia jurnalistik yang ditambah dengan kisah cinta tokoh yang bernama Suryo Baskoro yang berprofesi sebagai wakil ketua redaksi.

  1. Kisah Tanah Jawa (Bonavatura D. Genta, Mada Zidan, Hari Kurniawan)

Merupakan novel berbahasa jawa dengan cerita sedikit horror. Pada beberapa bab menceritakan tentang peristiwa masa lalu, selain itu didalam buku ini terangkum cerita tentang pesugihan yang sesat.

  1. Anteping Tekad (A.G. Suharti)

Novel yang selanjutnya menceritakan tentang kesetiaan seorang perempuan terhadap laki-laki yang dicintai. Tokoh perempuan yang tangguh, mandiri, setia dan berani mengambil keputusan, merupakan sebuah novel yang berkisah tentang emansipasi wanita.

  1. Rara Mendhut (Y.B. Mangun Wijaya)

Novel yang terakhir berjudul “Rara Mendhut” yang menceritakan tentang kisah cinta klasik jawa. Rara mendhut adalah wanita yang diincar oleh seorang pria karena menginginkan kekuasaan, namun Rara Mendhut lebih memilih untuk melarikan diri bersama pria yang dicintainnya.

Daftar ulasan novel berbahasa jawa diatas dapat kamu jadikan referensi untuk tugasmu atau untuk melakukan penelitian sebuah karya ya, ataupun menjadi daftar buku yang akan kamu beli, semoga membantu

Sumber artikel : www.sahabatartikel.com/paket-harga/