5 Kelebihan Utama Dari Klinik Bersalin Pro Normal

Klinik bersalin pro normal menawarkan beberapa kelebihan dibanding rumah sakit, salah satunya yaitu lebih fleksibel. Sebenarnya, apa saja kelebihan klinik bersalin itu?

Klinik bersalin biasanya berupa fasilitas mandiri yang dilengkapi beberapa alat bantu persalinan dengan suasana yang lebih rileks dibanding rumah sakit. Dengan dokter berpengalaman, staf professional, dan akomodasi yang memadai, klinik bersalin bisa menjadi pilihan tepat untuk kebanyakan ibu hamil.

Prosedur yang diberikan lebih fleksibel dan bisa disesuaikan, tak seperti rumah sakit yang menetapkan prosedur baku. Selain fleksibilitas, berikut sejumlah kelebihan yang bisa didapat oleh ibu hamil dari klinik bersalin pro normal :

1. Mengurangi Risiko Operasi

Melahirkan secara normal di rumah sakit seringnya melibatkan pemberian obat jenis tertentu seperti induksi, epidural, atau lainnya. Klinik bersalin memakai metode alami untuk mengurangi rasa sakit, misalnya dengan teknik pernafasan, pijat, akupuntur, termasuk terapi air.

Karena semua proses persalinan menggunakan metode alami, potensi tindakan operasi jadi sangat minimal. Data menunjukkan hanya 6% ibu hamil yang membutuhkan tindakan lanjutan saat bersalin di klinik dibanding 26% saat melahirkan normal di rumah sakit.

2. Proses Cepat

Karena hanya melibatkan sedikit intervensi medis, waktu pemulihan yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Mayoritas ibu dan bayi bahkan bisa meninggalkan klinik bersalin antara 4-8 jam setelah melahirkan, berbeda jauh bila dibandingkan dengan rumah sakit yang membutuhkan waktu antara 24-48 jam.

Dengan kata lain, waktu menginap yang lebih pendek dan proses yang cepat berarti lebih sedikit biaya yang dikeluarkan.

3. Kebersamaan

Sebagai gambaran, saat melahirkan di rumah sakit, bayi yang baru lahir akan dibawa ke ruangan berbeda untuk diperiksa dengan prosedur berbeda. Di klinik bersalin, terkecuali dibutuhkan perawatan darurat, bayi tidak akan dibawa ke manapun setelah lahir.

Tidak hanya itu, ibu hamil juga lebih bebas membawa masuk siapa saja ke ruang bersalin sebagai dukungan psikologis. Semua tindakan biasanya terjadi dalam satu ruangan yang sama, termasuk saat diperiksa dan dimandikan untuk pertama kali.

4. Lebih Bebas

Sebelum proses persalinan dimulai, ibu hamil bahkan tetap bisa berjalan bebas agar tetap aktif dan mengenakan baju apapun. Beberapa jenis makanan ringan dan minuman juga sering dihidangkan sebelum dan sesudah melahirkan.

Sebagai pembanding, di rumah sakit semua makanan dan minuman biasanya sudah dilarang, pergerakan akan dibatasi, dan semua harus sesuai aturan yang dibuat. Ini tentu bukan persiapan ideal yang diperlukan ibu hamil untuk melahirkan.

5. Privasi Tinggi

Klinik bersalin lebih mampu menawarkan privasi tinggi pada ibu dan bayi. Sementara di rumah sakit, terkecuali mampu menutup biaya kamar yang tinggi, ibu dan bayi akan dipindahkan ke kamar bersama setelah proses melahirkan selesai.

Semua fasilitas tersebut tentu sangat diperlukan oleh ibu hamil, mengingat proses melahirkan normal itu tak pernah mudah. Satu saran penting, lakukan survei lebih dulu untuk melihat apakah klinik bersalin yang dipilih sudah sesuai ekspektasi.