Membuat Video Animasi dengan After Effect yang Sederhana

Membuat Video Animasi dengan After Effect yang Sederhana

Membuat Video Animasi dengan After Effect yang Sederhana

After effect memang banyak dipergunakan untuk keperluan pembuatan video. Misalnya video animasi. Dengan menggunakan after effect, Anda bisa mendapatkan video yang dilengkapi dengan efek yang akan membuat video Anda lebih dramatis. Untuk membuat video animasi After Effect, Anda perlu memahami mengenai animasi, setidaknya harus tahu timing dan pergerakan.

Jika sukses, Anda bisa membuka jasa video animasi sendiri. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda belajar terlebih dahulu seperti cara membuat video sederhana dengan after effect seperti berikut.

Membuat Video Animasi dengan After Effect yang Sederhana
Membuat Video Animasi dengan After Effect yang Sederhana

Buat Rencana

Sebelum Anda membuat video animasi After Effect, ada baiknya Anda membuat rencana. Misalnya dengan membuat cerita ataupun inti dari animasi tersebut dan karakter, karakter bisa dibuat dengan menggunakan adobe illustrator, corel draw ataupun adobe flash untuk gambar vektor. Masing-masing gambar tersebut harus dipisah. Misalnya untuk orang, pisahkan bagian lengan, tangan, mulut.

Pemisahan again tubuh ini sesuai dengan yang akan Anda  animasi. Misalnya Anda hanya akan menganimasi bagian mulutnya, maka pisahkan bagian mulut dengan bagian wajah. Simpan semua file yang dibutuhkan untuk animasi dalam 1 folder agar Anda mudah untuk menemukannya. Setelah semua karakter dan juga cerita sudah siap, maka buka adobe after effectnya.

Melakukan Animasi di Adobe After Effect

Buka AE (after effect) Anda lalu buka bagian composition dan pilih new composition. Setelah itu lakukan cara ini untuk mulai membuat video animasi. 

  • Pilih resolusi yang Anda inginkan. Misalnya 1920 x 1080. Setelah itu, klik ok.
  • Untuk mengimport datanya, klik file  lalu import lalu file. Mudahnya, Anda bisa drag and down saja file ke bagian panel project.
  • Lalu, seret atau tempatkan file, misalnya bagian wajah di timeline. Agar lebih mudah, bedakan antara bagian wajah dan mulut. Dengan begitu, Anda bisa membuat animasi dengan lebih bebas. Jadi, jika Anda ingin mengganti, misalnya dari mulut terbuka ke menutup, Anda bisa langsung mengganti gambarnya saja.
  • Jika anda hendak mengganti background dengan warna lain, klik kanan di komposisi yang ada di panel pojok kanan bawah. Lalu klik new > solid. Di bagian warna hitam, pilih warna sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Klik pada file kartun yang sudah Anda import.
  • Untuk menggerakkan, Anda Bisa klik pada bagian yang Anda inginkan. Misalnya kepala lalu posisikan titik anchor ke titik yang akan menjadi poros. Lalu gerakkan.
  • Tambahkan keyframe pada timeline sebagai titik gerakkan. Misalnya Anda membuat gerakan menelengkan kepala, setidaknya Anda butuh 3 keyframe. Pertama saat kepala tegak, kedua saat kepala agak miring, ketiga saat kepala meneleng dan posisinya dekat dengan bahu.
  • Setelah itu Anda bisa berkreasi sesuai keinginan Anda dan Anda bisa tambahkan musik agar menarik.

Itulah cara membuat video animasi After effect dengan mudah. Semoga informasi ini tidak membingungkan bagi Anda dan selamat mencoba!