Electric Chain Hoist : Cara Kerja dan Keunggulannya Untuk Aplikasi Alat Berat

Chain Hoist adalah salah satu alat angkut yang dapat membantu penarikan atau pengangkatan barang dan sangat dibutuhkan untuk aplikasi di berbagai industri. Seiring perkembangan teknologi industri yang semakin canggih, kini banyak perusahaan mulai mengaplikasikan penggunaan electric hoist mengingat penggunaannya lebih praktis. Hoist ini bisa menyelesaikan pekerjaan pengangkatan alat-alat berat dengan cepat tanpa kendala.

Electric Chain Hoist : Inovasi Terbaru dari Hoist Manual

Penggunaan hoist sejak dulu diaplikasikan untuk pengangkatan beban atau barang berat yang banyak dijumpai di beberapa industri. Hoist dapat digunakan untuk mengangkat beban menggunakan tali. 

Untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat hoist pun telah berinovasi dengan mengenalkan electric hoist yang memanfaatkan energi listrik dari yang awalnya hanya memakai bantuan tenaga manual saja.

Jenis katrol ini terdiri dari berbagai macam tipe seperti jenis listrik satu fase untuk aplikasi industri kecil dan 3 fase untuk aplikasi industri besar. Hoist elektrik ini juga bisa dipilih dan disesuaikan apakah penggunaannya memakai sling atau rantai karena jenisnya yang bervariasi.

Perbandingan Komponen Chain dan Sling Pada Electric Hoist

Dua jenis electric hoist di atas sebenarnya dapat dipilih menyesuaikan kebutuhan. Jika Anda memilih hoist dengan rantai kelemahannya ialah dapat menimbulkan kebisingan karena suaranya cukup keras. Selain itu, hoist jenis ini memerlukan perawatan sangat rumit sebab harus tetap mempertahankan agar rantai terbebas dari karat.

Sementara itu, jika Anda memilih hoist elektrik yang dipadukan sling bisa mendapatkan sejumlah kelebihan. Pasalnya komponen sling pada hoist dianggap lebih kuat dan lembut. Penggunaan sling dibandingkan rantai juga tidak menimbulkan suara yang berisik serta tidak gampang putus. Namun harganya memang lebih mahal daripada hoist yang memakai komponen rantai.

Itulah kenapa perusahaan cenderung lebih memilih hoist elektrik dengan rantai dibandingkan sling, dengan alasan untuk menghemat anggaran. Namun sebelum Anda membeli electric hoist pastikan mengetahui kapasitas atau berat beban yang akan diangkat.

Prinsip Kerja Electric Hoist

Prinsip kerja electric hoist dibagi berdasarkan fungsinya itu sendiri, diantaranya :

1. Sistem Katrol Listrik otomatis

Tidak jauh berbeda dari kendaraan bermotor dengan sistem otomatis atau gear, electric hoist juga mempunyai sistem otomatisnya. Perangkat ini bisa dibuat secara otomatis memakai chain yang telah dijalankan menggunakan tenaga listrik. Karena itu, fungsinya pun bisa mempercepat dan mempermudah seluruh pekerjaan sesuai pada aplikasi lift barang atau cargo lift.

Meskipun demikian agar hoist tetap bisa bekerja maksimal sebaiknya operasikan alat ini di tempat yang bersih. Hindari penggunaannya di tempat yang berdebu sebab bisa memicu paparan senyawa abrasif. Akibatnya dapat merusak lantai yang kemudian memasuki roda sprocket sebagai penyebab kerusakan pada mesin.

2. Sistem Gear Hoist Elektrik

Agar tenaga mesinnya lebih maksimal electric hoist biasanya memakai sistem gigi atau gear. Ini artinya alat yang satu ini memiliki prinsip kerja seperti pada kendaraan bermotor. Untuk menimbulkan kekuatan lebih besar Anda dapat menambahkan gear lewat handel yang nantinya dikerjakan operator.

Beli Electric Hoist Sesuai Kebutuhan Anda

Jika Anda ingin mendapatkan fungsi yang maksimal pada electric chain hoist, pilih produknya sekarang juga hanya di Megajaya.co.id. Sebagai distributor resmi alat-alat lifting dan rigging, Megajaya memastikan produk-produk berkualitas sesuai standar industri. Kami menawarkan hoist dari merek-merek handal yang sudah dipercaya di industri manufaktur. Cek disini untuk lebih jelasnya!