Cara Membuat Proposal Magang

Cara Membuat Proposal Magang

Kegiatan magang mahasiswa bisa menjadi hal yang berkesan karena memberikan pengalaman baru, apalagi bagi kalian yang senang dengan kegiatan terjun langsung ke lapangan. Untuk bisa mendapatkan hasil magang maksimal, kamu perlu mempersiapkan diri sejak awal dan mencari tahu berbagai macam keperluan ketika proses magang. magang tidak hanya identik dengan aktivitas untuk membantu pekerjaan di lokasi tempat magang saja. Pihak kampus biasanya juga memberikan aktivitas tambahan bagi mahasiswanya untuk melakukan penelitian. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah cara membuat proposal magang untuk mahasiswa yang akan dimasukkan ke instansi tempat magang.

Proposal magang yang baik dan benar akan membuatmu diterima sebagai salah satu peserta magang, untuk itu kamu perlu mempelajari cara membuat proposal magang bagi mahasiswa  berikut ini.

  1. Sampul depan (contoh terlampir)

berisi identitas kegiatan (Proposal magang ), identitas mahasiswa (nama, NIM), danidentitas institusi asal mahasiswa (Program studi, Departemen, Fakultas, danUniversitas)

Lembar pengesahan (contoh terlampir)

memuat identitas mahasiswa, dosen pembimbing, tempat magang, dan personalitasyang mengesahkan proposal (dosen pembimbing, ketua departemen)

  1. Latar belakang

Berisi uraian tentang hal-hal yang menjadi dasar mengapa magang tersebutharus dilaksanakan, dan mengapa Anda ingin melaksanakan magang diinstansi tersebut.

  1. Tujuan

Berisi rumusan tujuan diadakannya magang.

  1. Manfaat

Berisi manfaat magang, institusi asal mahasiswa(departemen/prodi), maupun instansi tempat magang.

  1. Kompetensi mahasiswa

Memuat tentang kemampuan awal yang dimiliki oleh mahasiswa yangdiperoleh selama masa perkuliahan yang dapat digunakan/diterapkan pada saat magang. Hal ini penting untuk dituliskan secara jelas agar lembaga/institusi tempat magang dapat melihat sejauh mana kemampuan mahasiswa yang akan melaksanakan PKL sehingga memudahkan institusi untuk menempatkan /memberikan pekerjaan yang sesuai.

  1. Rencana pelaksanaan

waktu yang dialokasikan untuk

magang termasuk kesanggupan untuk bekerja penuh waktu selama masa pelaksanaan magang.

  1. Penutup

Berisi uraian tentang besarnya harapan Anda untuk dapat melaksanakan magang di instansi tersebut

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang cara membuat proposal magang, semoga bermanfaat