Aplikasi Desain Website dengan Hasil Mockup Sempurna

aplikasi desain website

Aplikasi desain website untuk membuat mockup sangat banyak dicari oleh web developer. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan mockup. Dalam proses desain website, ada beberapa langkah yang harus dilakukan mulai dari pembuatan sketsa dasar sampai prototype siap uji. Mockup berada di tengah rantai proses tersebut dan akan diberikan oleh jasa web design untuk evaluasi awal.

Desain website dalam tahap mockup sudah berupa hasil setengah jadi. Desain website secara keseluruhan sudah terbentuk, namun fitur-fiturnya belum bisa digunakan. Contohnya, tombol-tombol yang ada belum bisa diklik karena fungsi dan logika belum ditanamkan ke dalamnya. Jadi, mockup adalah desain website yang utuh secara tampilan, namun belum lengkap secara fungsional. Beberapa aplikasi untuk membuat desain website adalah sebagai berikut :

 

3 Aplikasi Desain Website Terbaik

 

  • Balsamiq Cloud

Aplikasi desain website yang pertama adalah Balsamiq Cloud. Aplikasi ini tersedia dalam versi desktop dan web, tergantung selera dan kenyamanan Anda. Fitur-fitur yang disediakan Balsamiq Cloud cukup lengkap meliputi navigation panel, canvas, UI library, dan masih banyak lagi.

Balsamiq Cloud juga sangat mendukung kolaborasi antar anggota tim dengan fitur Collaboration. Selain itu, Anda juga bisa membagikan hasil desain Anda ke desainer lain, klien, atau tim penguji untuk mendapatkan review dan komentar. Aplikasi all-in-one untuk membuat desain website modern.

 

  • Figma

Di urutan kedua, ada aplikasi desain website bernama Figma. Aplikasi ini sepenuhnya berbasis web, sangat ideal untuk mengatasi keterbatasan sumber daya perangkat yang umumnya tidak mampu digunakan untuk aplikasi desain. Cara pakainya pun sangat mudah karena fitur drag and drop yang praktis untuk pemula.

Figma dilengkapi dengan fitur real-time collaboration. Fitur ini memungkinkan Anda untuk bekerja-sama dengan tim secara langsung seolah sedang berada di tempat yang sama. Fitur tambahan lainnya adalah Unsplash Photo Integration untuk mendapatkan gambar-gambar berkualitas tinggi langsung dari situs Unsplash.

 

  • FluidUI

Sama seperti Figma, aplikasi desain website FluidUI juga seratus persen web-based. Aplikasi ini sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar kelas dunia seperti eBay, LinkedIn, dan Google. Tentu saja kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Untuk memudahkan para desainer, FluidUI menyediakan Library dengan lebih dari 2000 komponen. Library yang begitu kaya akan mempercepat proses pembuatan desain dengan kombinasi komponen yang lebih variatif. Anda tinggal memilih komponen mana yang akan digunakan, lalu menambahkannya ke desain Anda.

 

Fokus ke Satu Aplikasi Desain Website

Memang ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain website. Anda bisa mencoba semua aplikasi yang kami sarankan di atas untuk menemukan yang paling cocok dengan gaya desain Anda. Setelah Anda memilih salah satu aplikasi, lebih baik fokus ke aplikasi tersebut dan memperdalam kemampuan Anda dalam menggunakannya. Lebih baik menjadi spesialis di satu aplikasi daripada menjadi pengguna berkemampuan rata-rata di banyak aplikasi sekaligus.