Aplikasi Buat Website dengan Fitur Lengkap dan Hasil Terbaik

Aplikasi buat website

Aplikasi buat website terdiri dari banyak jenis dengan beragam fitur dan fungsionalitas. Banyak produsen perangkat lunak yang menyediakan produk-produk pembuat website dari yang gratis sampai yang berbayar. Jasa pembuatan website biasanya menggabungkan beberapa aplikasi sekaligus untuk menghasilkan website yang sesuai kriteria klien.

Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia, kami merekomendasikan beberapa aplikasi terbaik berdasarkan rating dan popularitas. Tujuannya untuk memberikan saran dan masukan jika Anda sedang kebingungan memilih aplikasi. Memang tidak mudah menentukan pilihan di antara sekian banyak opsi. Developer yang sudah berpengalaman pasti sangat familiar dengan beberapa aplikasi di bawah ini :

 

3 Aplikasi Buat Website Terpopuler

 

  • WordPress

Pada dasarnya, WordPress adalah aplikasi buat website dalam bentuk Content Management System (CMS). Namun pengembangan WordPress sudah demikian canggih hingga mampu menghasilkan layanan pembuatan website all-in-one. Mulai dari tahap pembuatan, domain berbayar, desain, hingga optimasi konten dengan dukungan plugin yang sangat lengkap.

WordPress saat ini mendominasi pasar website di seluruh dunia. Fleksibilitasnya sangat memudahkan programmer pemula yang sedang belajar membuat website, sekaligus memanjakan programmer profesional dengan fitur tingkat tinggi. Untuk urusan desain, Anda bisa menggunakan page builder bawaan seperti Elementor, Divi, atau Guttenberg.

 

  • Adobe Dreamweaver

Jika WordPress lebih banyak dikenal sebagai aplikasi web-based, Adobe Dreamweaver adalah aplikasi buat website berbasis desktop. Aplikasi ini kompatibel di sistem operasi Windows dan Mac OS. Dreamweaver sudah sangat terkenal karena popularitasnya sudah terbentuk sejak era Photoshop. Sampai sekarang, Dreamweaver masih termasuk dalam jajaran aplikasi andalan para pengembang web.

Salah satu fitur unggulan Adobe Dreamweaver adalah WYSIWYG. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan preview secara langsung dari hasil desain yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa menyaksikan hasil akhir desain Anda secara live sebelum mempublikasikannya. Tools yang tersedia di aplikasi ini juga sangat lengkap, paling cocok untuk pengembang profesional yang sudah berpengalaman.

 

  • PageBreeze

Sekilas, aplikasi buat website yang satu ini memang tampak sederhana. Namun siapa sangka, di balik kesederhanaannya, PageBreeze menyediakan fitur yang powerful untuk pengembangan berbagai jenis website. Aplikasi ini memang mengutamakan kesederhanaan tampilan dan kemudahan penggunaan. Tidak heran jika banyak progammer pemula yang menjatuhkan pilihan pada PageBreeze.

Sama seperti Adobe Dreamweaver, PageBreeze juga menyediakan fitur WYSIWYG untuk menampilkan preview desain. Ratusan template gratis bisa Anda gunakan untuk memudahkan dan mempercepat proses pembuatan website. Selain itu, PageBreeze juga mendukung integrasi basis data internal untuk jenis website yang memerlukan penyimpanan dan pengolahan data kompleks.

 

Uji Coba Aplikasi Buat Website Sebelum Membeli

WordPress bisa Anda gunakan secara gratis. Namun untuk fitur yang lebih lengkap seperti domain dot com, template berbayar, dan plugin SEO, Anda harus siap mengeluarkan biaya. Sedangkan aplikasi-aplikasi lainnya menyediakan mode trial, biasanya 7 hari atau 1 bulan, untuk sesi uji coba. Manfaatkan mode ini sebaik mungkin dengan mencoba semua fitur yang tersedia. Setelah melakukan uji coba pada ketiga aplikasi di atas, barulah Anda bisa memilih salah satu aplikasi buat website yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran Anda.