3 Cara Mencari Backlink Berkualitas 2021

3 Cara Mencari Backlink Berkualitas 2021

3 Cara Mencari Backlink Berkualitas 2021

Kalau hanya sebatas memasang backlink saja, hal itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun nih, tidak semua bisa mencari dan memasang backlink berkualitas dengan baik dan benar. Padahal, cara mencari backlink berkualitas wajib dipahami sebelum Anda memasang backlink.

Nah, untuk yang belum tahu nih, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana sih caranya? Untuk lebih lengkapnya, simak informasi berikut ya.

 

  • Guest Posting

 

Siapa bilang kalau saat ini, guest posting sudah tidak efektif? Faktanya, guest posting tetap memiliki power tersendiri lho. Bahkan, lewat guest posting, Anda akan mendapatkan manfaat seperti berikut ini:

  1. Mendapatkan relasi dengan para blogger lain, khususnya yang menggunakan platform yang sama dengan Anda.
  2. Bisa membangun email list.
  3. Sesuka hati Anda untuk mengaitkan backlink ke website Anda.
  4. Membangun trafik tidak hanya ke guest post tapi juga ke website.

Sayangnya, dibalik keunggulan tersebut, Anda butuh waktu untuk meningkatkan trafik backlink yang dibuat. Anda harus membangun backlink di guest post sedikit demi sedikit. Apalagi, banyak guest blogger lain yang menuliskan kontennya di platform tersebut.

Jikapun Anda terlalu banyak membangun backlink dalam waktu yang singkat dan tidak terlihat natural, kualitas backlink akan menurun.

Di sisi lain, ketika Anda melakukan guest post, Anda harus melakukannya di platform dengan visitor, DA/PA yang tinggi. Anda perlu jeli apakah platform tersebut agar nanti, setiap konten yang Anda buat dikunjungi oleh visitor platform tersebut.

3 Cara Mencari Backlink Berkualitas 2021
3 Cara Mencari Backlink Berkualitas 2021
  • Tingkatkan Kualitas Konten

Konten adalah Raja!

Istilah ini rasanya akan selalu dipakai ketika Anda hendak mendapatkan visitor yang banyak.

Walaupun begitu, konten dan backlink memiliki keterkaitan yang kuat. Tanpa konten yang baik, backlink Anda akan sia-sia. Sebaliknya, tanpa backlink, konten Anda, sebagus apapun itu tidak akan ada yang membaca.

Maka dari itu, konten dan backlink perlu dikombinasikan dengan baik.

(baca: cara mengecek backlink website)

Ketika Anda hendak membuat backlink, maka Anda perlu memperbaiki konten Anda lebih dahulu. Jadi, ketika nanti Anda sudah bersiap untuk memasang backlink, Anda bisa fokus pada penyebaran backlink.

Jika kualitas konten bisa terjaga dengan baik, visitor yang masuk ke website Anda akan merasa kalau website Anda bagus. Dengan begitu, ketika mencari informasi tertentu, misalnya yang berkaitan dengan niche website Anda, visitor akan kembali lagi.

  • Blog Commenting

Berkomentar di blog masih cukup efektif untuk meninggalkan backlink. Cara mencari backlink berkualitas ini susah-susah mudah.

Hal tersebut disebabkan karena Anda perlu melakuakn blogwalking dan mencari website dengan niche yang berkaitan dengan Anda.

Setelah itu, coba cek kolom komentarnya. Apakah kolom komentarnya ditutup, hanya bisa dibaca oleh pemilik website tersebut atau bisa meninggalkan link dofollow/nofollow?

Namun, jika Anda menggunakan cara mencari backlink berkualitas tersebut, maka Anda tetap perlu berkomentar yang sesuai topic pembahasan. Sisipkan secara natural saja agar hasilnya menjadi lebih baik.